Friday, April 17, 2009

SEMBILAN MAHASISWA YANG TEWAS ITU

Kecelakaan lalu lintas di Batu, Malang, Jawa Timur yang terjadi jam 01.30 dini hari, Rabu 5 April 2009 itu sungguh sangat mengenaskan. Kesembilan orang yang tewas itu bukan sembarang orang. Mereka semua adalah mahasiswa di beberapa perguruan tinggi, bahkan salah seorang dari mereka akan diwisuda.

Yang membuat kita trenyuh adalah, beberapa media massa menyebutkan bahwa "...salah seorang korban perempuan sudah tak memiliki pakaian lengkap alias bugil saat dikeluarkan dari mobil. Dan satu korban lelaki hanya menggunakan celana pendek berwarna putih dan telanjang dada...." (http://www.bangkapos.com/news/read/7226/nasional/Misteri+Kematian+9+Mahasiswa+di+Malang.html).

Selain itu, warga yang membantu proses evakuasi para korban mencium aroma minuman beralkohol yang cukup menyengat dari dalam kendaraan yang sudah ringsek itu. Kesembilan korban itu memang baru merayakan ulang tahun salah seorang rekan mereka di sebuah villa. Sampai tulisan ini saya buat, kepolisian belum mengeluarkan pernyataan penyebab kecelakaan tersebut, apakah betul karena ban belakang yang pecah atau karena pengemudi dalam keadaan mabuk. Jika benar bahwa dia sedang dalam keadaan mabuk, dan tentunya yang menenggak minuman beralkohol alias arak itu bukan dia sendiri, tetapi rekan-rekannya juga, duka yang menimpa mereka tidak hanya menyakitkan keluarga yang ditinggalkan saja. Kita sendiri akan merasakan yang sama. Perguruan tinggi tempat mereka menuntut ilmu, beberapa di antaranya adalah perguruan tinggi berlabelkan Islam, yaitu: Universitas Islam Negeri Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang. Bahkan jika kita amati nama-nama mereka, tampaknya mayoritas dari mereka adalah beragama Islam.

Bagi kita, ini adalah suatu pelajaran yang sangat berharga. Ajal tidak mengenal usia dan waktu. Bagi saya sendiri ada satu pertanyaan yang cukup mengganggu, "bagi mereka yang beragama Islam itu, apakah ketika menghadiri pesta itu sempat salat magrib dan isya dulu apa tidak?".

Doa kita, semoga amal ibadah yang telah mereka lakukan selama hidupnya diterima oleh Allah SWT dan dosa-dosanya diampuni-Nya. Amin.

No comments: