Monday, October 12, 2009

TERSENYUM DAN TERSENYUMLAH


Para ilmuwan mempelajari dampak tersenyum pada orang lain. Mereka menemukan bahwa senyum itu membawa informasi yang kuat yang dapat mempengaruhi pikiran bawah sadar manusia! Hasil temuan penting dari penelitian tersebut adalah bahwa para ilmuwan berbicara tentang sebuah pemberian yang dapat diberi-kan kepada orang lain dengan diiringi senyuman. Ternyata senyum jauh mengungguli pemberian materi dengan beberapa alasan:

1 – Melalui senyuman, Anda dapat memasukkan perasaan senang kepada hati orang lain. Membuat orang lain merasa senang merupakan salah satu pemberian bahkan dapat dikatakan pem-berian yang paling penting. Hal itu karena sejumlah kajian mem-buktikan bahwa kebutuhan manusia terhadap rasa senang dan gembira terkadang jauh lebih besar dibandingkan kebutuhannya terhadap makanan dan minuman. Sejumlah kajian juga membukti-kan bahwa rasa senang dan bahagia ini sering menyembuhkan banyak penyakit, terutama gangguan jantung.


2 - Melalui senyuman Anda dapat menyampaikan informasi dengan mudah kepada orang lain, karena kata-kata yang disampaikan dengan senyuman memiliki dampak yang lebih besar pada otak. Hal ini dibuktikan dengan pemindai resonansi magnetik fungsional yang menunjukkan bahwa dampak ungkapan verbal itu sangat bervariasi jika disampaikan dengan senyuman.

3 - Dengan senyuman yang lembut, Anda dapat menjauhkan suasana tegang yang menguasai kondisi apa pun. Hal ini tidak dapat dilakukan dengan materi. Ini membuktikan bahwa senyuman itu lebih penting dari harta benda. Oleh karena itu pemberian minimal sebagai sedekah yang diberikan kepada orang lain adalah senyuman.


4 - Tersenyum dan penyembuhan: Banyak dokter yang mengamai pengaruh senyuman dalam proses penyembuhan pasien. Oleh karena itu sejumlah peneliti mulai menyatakan bahwa senyuman para dokter dianggap sebagai bagian dari penyembuhan. Jadi, ketika Anda menghadiahkan senyuman kepada rekan Anda, kepada isteri Anda atau kepada tetangga Anda, sebetulnya Anda telah menghadiahkan resep gratis yang akan mengantarkannya kepada kesembuhan tanpa Anda sadari. Dan ini merupakan salah satu bentuk dari pemberian.


Dengan beberapa alasan tersebut di atas, dan alasan-alasan lainnya, kita dapat menegaskan kembali bahwa senyuman adalah salah satu bentuk pemberian, sedekah dan kemurahan hati. Sekarang, apakah Anda menyadari mengapa Rasulullah s.a.w. bersabda:


(وتبسمك في وجه أخيك صدقة)!!
“dan tersenyum kepada saudaramu adalah sedekah”

No comments: