Friday, June 29, 2007

`Ammar, Congratulation!

"`Ammar lulus ujian bahasa Inggris", begitu pesan singkat yang dikirim anakku,`Ammar yang sedang berada di Jakarta, pada suatu petang, Jum`at, 29 Juni 2007, bertepatan dengan hari kelahiranku yang ke 49.

"Berita ini merupakan hadiah ulang tahun papa yang paling berharga", balasku. Kendati, dalam hati aku masih harap-harap cemas, betulkan berita itu. "Pertanyaanku, "darimana Ammar tahu berita itu?", tak mendapat jawaban. Ketika aku telepon, anak sulungku itu mengatakan bahwa kawannya orang Bruneilah yang memberitahunya. `Ammar tidak memberiku nomor telepon kawannya itu. Dia katakan, biar dia sendiri besok yang mengeceknya.

Sebagai seorang ayah, sulit rasanya untuk menunggu akurasi berita tersebut sampai anakku datang esok hari, Sabtu 30 Juni 2007. Tentu ia lelah setelah melakukan perjalanan dari Jakarta-Kuala Lumpur.

Maka pagi ini, Sabtu 30 Juni 2007, aku pun mencari tahu. Dari gedung peperiksaan, aku menuju Perdana Siswa. Di papan pengumuman, aku tak menemukan lembar pengumuman tentang hasil ujian Bahasa Inggris. Lantas aku naik ke tingkat 1. Kantor Urusan Mahasiswa Internasional tampak terang yang berarti ada orang di dalamnya. Betul. Banyak orang di ruangan itu, kendati hari ini Sabtu, kantor-kantor lain pada libur.

Seseorang membukakan pintu. Hasil ujian tidak boleh aku lihat, meskipun aku telah memperkenalkan diri sebagai ayahnya `Ammar. Tetapi dari obrolanku dengan staf yang melayaniku yang ternyata bernama Firdaus, mahasiswa tahun terakhir, aku tahu bahwa `Ammar memang lulus bahasa Inggris dan tahun ini bisa langsung ikut kuliah. Besok pagi, `Ammar harus datang mengambil offer letter, langsung daftar di kolej 11 untuk mengikuti acara pekan perkenalan. Pemeriksaan kesehatan harus segera dilakukan dan dapat dilakukan di rumah sakit Universiti Malaya. Aaaaah, betapa leganya hati ini. Maka aku pun langsung menelepon `Ammar yang sedang berada di bandara Soekarno-Hatta.

Congratulation, my beloved son.
Tahniah,
Alf alf alf Mabruuuuuuk

No comments: